TAGANA Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat


TAGANA Desa Dayeuhluhur, Rabu 13 September 2023. Kegiatan TAGANA gotong-royong dalam penanggulangan bencana di Dusun Sukawangun, Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis.* /dayeuhluhur.desa.id/


BERITA DAYEUHLUHURTAGANA adalah relawan sosial atau Tenaga Kesejahteraan Sosial yang berasal dari masyarakat dan memiliki kepedulian serta aktif dalam penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial.


TAGANA Desa Dayeuhluhur siaga dalam bergotong-royong  menyikapi rumah roboh salah satu warga Dusun Sukawangun, Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Jatinagara. Pergerakan siaga tersebut langsung dipimpin oleh ketua TAGANA dan Kepala Desa Dayeuhluhur, Tim TAGANA melakukan apel pagi di kantor Desa Dayeuhluhur lalu kemudian berangkat ke lokasi kejadian.

Apud, orang nomer satu di satuan Tagana Desa Dayeuhluhur menerangkan bahwa, Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat adalah sebuah program yang bergerak di sektor layanan Edukasi, Sosialisasi (tentang bencana), serta media membangun Sinergitas dan merajut Jejaring, (Permensos Nomer 29 Tahun 2012, tentang tugas dan fungsi Tagana).

“Dalam kegiatan kali ini kami memberikan edukasi tentang kebencanaan kepada Masyarakat, melalui  Sarasehan  bersama  KADARWIS , obrolan gayeng mengalir dengan nuansa kekeluargaan,” terangnya.

Kegiatan inipun merupakan rangkaian Mitigasi bencana, sebagai upaya mengurangi tingginya dampak kerusakan, korban jiwa dan kerugian lainnya, yang biasa dikenal dengan istilah PRB, yaitu Pengurangan Risiko Bencana.

Dalam Kegiatan tersebut setidaknya melibatkan tidak kurang dari 20 peserta , dan  pada hari Rabu 12 September 2023 Tagana Kepala Desa Dayeuhluhur mengadakan Bakti Sosial  bergotong-royong membantu dan pembersihan lokasi rumah yang terkena bencana, kegiatan tersebut sukses meraup perhatian dan menjadi opsi terbaik bagi masyarkat dan pemerintah.

Hebatnya lagi,  Dalam Kegiatan Sarasehan tersebut langsung dihadiri oleh Jajaran Pejabat Desa Dayeuhluhur Kecamatan Jatinagara., Dalam Kesempatan tersebut  Bapak Mumu Rohman, ( Kepala Desa Dayeuhluhur ) mengucapkan terima kasih kepada TAGANA yang  banyak berperan dalam penanganan Bencana , dan momen seperti ini sudah selayaknya Tagana berbagi ilmu dan bersinergi dengan berbagai lapisan masyarakat dalam Penanggulangan Bencana, sehingga Memberi Kesadaran kepada masyarakat untuk berperan dalam penanggulangan bencana sehingga resiko bencana benar-benar bisa dikurangi . dan kami berharap bahwa kegiatan seperti ini terus dilakukan baik di masyarakat ataupun dengan lembaga yang lain seperti Sekolah-sekolah”.



Kontributor Foto : TAGANA Desa Dayeuhluhur




Share Berita